Pengertian IP Address Pada Jaringan Komputer

Pengertian Ip Address ~ Ip Addres adalah sebuah alamat nomor ip yang diberikan pada sebuah komputer agar dapat terhubung ke jaringan sehingga dapat saling bertukar informasi. Tujuan diberikanya ip addres pada sebuah komputer yaitu agar supaya komputer tersebut dapat teridentifikasi oleh jaringan. Peran ip address pada sebuah jaringan komputer sangatlah penting sekali, sebab jika pada komputer tidak terdapat ip addres maka komputer tersebut tidak dapat terhubung ke jaringan.

Kelas IP Adress Di Jaringan Komputer


Ip addres terdapat kelas-kelasnya, dari masing-masing kelas tersebut tentu memiliki kelebihanya masing-masing. kelas ip address yang sering kita jumpai dijaringan komputer adalah ip address kelas C, Contoh 192.168.1.1 dari ip tersebut dapat kita ketahui bahwa ip celas C. Ip address kelas C ini biasanya digunakan pada jaringan komputer yang jumlah host pada jaringan tersebut tidak terlalu banyak, seperti di jaringan kantor, warnet, sekolah dan lain-lain.


Pada ip addres terdpat dua bagian, yaitu bagian Network ID dan Host ID. Network ID adalah letak keberadaan jaringan komputer, sedangkan Host ID adalah komputer yang terhubung di network tersebut. Kita ambil contoh perumpaanya seperti ini : pada setiap kampung/desa pasti terdapat yang namanya RT, sedangkan rt tersebut pasti memiliki warga. RT =Network, dan Warga=Host.

Sebagai contoh terdapat ip addres 192.168.10.1 maka dapat kita bagi menjadi dua bagian, 192.168.10 adalah sebagai Network ID nya, Kemudian 10 adalah sebagai nomor Host ID nya.

Kelas Ip Addres Pada Jaringan Komputer



Ip Address Kelas A
Pada ip address kelas A,  8 bit pertama adalah network Id sedangkan 24 bit selanjutnya adalah host Id, pada ip address kelas A meiliki network Id dari 0 sampai 127 dan biasanya ip ini digunakan pada jaringan komputer yang jumlahny sangat besar seperti di ISP.

Ip address Kelas B
Pada ip address kelas B,  16 bit pertama adalah network Id sedangkan 16 bit selanjutnya adalah host Id, pada ip address kelas B memiliki network dari 128 sampai 191. ip address kelas B ini juga digunakan pada jaringan komputer yang jumlahnya cukup besar.

Ip Address Kelas C
Pada ip address kelas C,  24 bit pertama adalah network Id sedangkan 8 bit selanjutnya adalah host Id, pada ip address kelas C memiliki network id dari 192 sampai 223. ip addres kelas C ini biasanya digunakan pada jaringan lokal saja sebab jumlah hostnya lebih sedikit bila dibandingkan dengan ip address kelas A dan B.

Ip Address Kelas D
Pada ip address kelas  D hanya digunakan untuk multicasting saja, artinya ip address kelas D ini penggunaanya hanya untuk menjalankan aplikasi secara bersama-sama oleh beberapa komputer saja dan IP yang bisa digunakan adalah 224.0.0.0  sampai 239.255.255.255 saja

Ip Address Kelas E
Ip address kelas E memiliki range dari 240.0.0.0  hingga 254.255.255.255, biasanya  IP ini digunakan untuk eksperimen yang kusus dipersiapkan untuk penggunaan IP address di masa yang akan datang.

Dari kelas-keas ip address diatas yang saat ini digunakan adalah kelas ip address A, kelas ip address B, dan kelas ip address C.

Itulah penjelasan mengenai ip addres dan kelas ip address pada jaringan komputer, mudah-mudahan artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa baca juga artikel penting lainya seputar jaringan komputer seperti Macam-Macam Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Fungsinya. Semoga bermanfaat...

Pengertian IP Address Pada Jaringan Komputer | Ferdian Dinata | 5

0 komentar:

Posting Komentar