Cara Mengatur System Restore Dari Command Prompt

Mengatur System Restore Dari Command Prompt ~ Sistem Restore yaitu feature backup yang disediakan oleh windows pada komputer terutama yang bersystem operasi Windows. Feature ini bakal menciptakan duplikat atau copy dari kondisi file sebelum ada perubahan yang terjadi pada komputer. Langkah menganamankan windows seperti ini cukup baik kamu lakukan ketika kamu akan menginstall driver, software, & proses update Windows. Sebab ketika kamu mengalami error atau kegagalan dalam proses update maka dapat dengan mudah untuk mengembalikanya. Untuk menjalankan proses ini tentunya yang paling kita perhatikan yaitu pada kapasitas harddisk memang harus berukuran besar.

Cara Membuka Fitur Sistem Restore Di Windows


Kamu mampu mengatur ukuran sistem restore kepada masing – masing partisi harddisk atau mematikan fungsi ini, melintasi :

Windows XP : Control Panel > Sistem > Sistem Restore atau klik kanan kepada My Komputer.
Windows Vista : Control Panel > Sistem > Advanced Sistem Settings
Windows 7 & 8 : Control Panel > Sistem and Security > Sistem > Advanced Sistem Settings > Sistem Protection.

Disini kamu mampu melukan konfigurasi sistem restore disetiap masing – masing drive, selain itu kamu juga mampu memperkecil & memperbesar kapasitas yg diperlukan oleh feature ini & mematikan fungsi ini pada drive tertentu atau secara keseluruhan.

Bila kamu tak mau memakai software penambahan, kamu dapat memanfaatkan command line Windows & memakai perintah vssadmin untuk melakukan konfigurasi tingkat lanjut.

Cara masuk command prompt pada windows

Buka command prompt & seandainya kamu memakai Windows 7 atau 8 jangan sampai lupa memakai hak akses administrator.

Windows 7 : Klik terhadap Start menu > All Programs > Aksesoris. Klik kanan kepada Command Prompt & memilih Run as Admin dari menu yg muncul.
Windows 8 : Tekan kepada tombol Windows utk terhubung startpage. Masukkan cmd disini, klik kanan terhadap Command Prompt & memilih Run as Admin dari menu toolbar dibagian bawah.

Perintah vssadmin pada command prompt


Berikut ialah pemakaian perintah vssadmin &  penjelasan singkatnya, kamu mampu menyesuaikan kebutuhan sesuai yang kamu mau. 

cara masuk system restort di windows
vssadmin daftar shadowstorage : Perintah ini menampilkan semua harddisk yg membuka & kapasitas simpan yg dimanfaatkan, diberikan & maksimumnya.
vssadmin daftar shadows : Perintah ini menampilkan seluruhnya shadow copy yg sedia di computer.
vssadmin delete shadows /for=c : /oldest : Perintah ini menghapus shadow copy tertua yg ada di drive C
vssadmin delete shadows /for=d : /all : Perintah ini menghapus semua shadow copy yg ada di drive D
vssadmin delete shadows /for=c : /shadow=ID : Perintah ini menghapus shadow copy yg kamu menentukan. ID dari shadow copy mampu kamu temukan dgn perintah daftar shadows
vssadmin resize shadowstorage /for=c : /maxsize=2GB : Perintah ini menetapkan kapasitas simpan shadow buat drive C yakni 2 Gigabyte. Kalau kapasitas yg dibutuhkan buat menaruh seluruhnya restore point kurang bakal menghapus shadow copy pada awal mulanya.
Cara Mengatur System Restore Dari Command Prompt | Ferdian Dinata | 5

0 komentar:

Posting Komentar