Pengertian Perangkat Keras Komputer (Hardware) dan Fungisnya

Perangkat keras komputer (hardware) adalah komponen fisik pada komputer yang digunakan oleh sistem untuk menjalankan perintah yang direncanakan atau dalam arti singkatnya komponen - komponen yang menyusun pada komputer yang Anda dapat menyentuhnya, melihatnya dan merabanya.
Pengertian Perangkat Keras Komputer (Hardware) dan Fungisnya

Pengertian Perangkat Keras Komputer (Hardware) lengkap dengan Gambar


Macam-Macam Perangkat Keras Komputer


1. CPU (Central Processing Unit)
CPU adalah pusat kontrol dan pengolahan pada komputer yang mengelola semua program pendidikan dan kegiatan dilakukan di komputer, sehingga CPU umumnya dikenal sebagai otak dari komputer.


2. Motherboard (papan Utama)
Motherboard adalah sirkuit utama, yang berguna untuk berbagai komponen elektronik yang terhubung dengan chip BIOS, port, slot dan konektor garis yang menghubungkan masing-masing perangkat.

3. Monitor
Monitor adalah perangkat output yang digunakan untuk memberikan hasil pengobatan yang dilakukan oleh tim dalam bentuk informasi yang dibutuhkan oleh mereka yang menggunakan komputer.

4. Keyboard
Keyboard adalah perangkat input yang digunakan untuk memasukkan data berupa huruf, angka dan simbol-simbol tertentu dan melakukan rekaman batch file dan membuka file. Keyboard ini juga dikenal sebagai keyboard komputer.

5. Mouse
Mouse adalah perangkat input yang berguna sebagai pointer kursor / pointer di layar.

6. RAM (Random Access Memory)
RAM (Random Access Memory) adalah di mana kita menemukan petunjuk untuk melakukan dan sebagai penyimpanan sementara.

7. Hard Drive (hard disk)
Bahan hard disk terbuat dari disk magnetik bahan kaku berlapisi oksida yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar.

8. Processor
Prosesor adalah sebuah perangkat keras yang berguna untuk membaca, memahami dan pelaksanaan program.

9. Power Supply
Power Supply adalah perangkat keras yang digunakan untuk memberikan kekuatan dan energi dari arus listrik dalam perangkat keras komputer lainnya.

10. LAN Card (Local Area Network)
LAN (Local Area Network) adalah jembatan antara komputer server dan komputer client pada LAN.

11. AGP (Accelerated Graphics Port)
Kartu AGP (Accelerated Graphics Port) adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengoptimalkan resolusi gambar pada layar komputer.

12. Kartu VGA (Video Graphics Accelerator)
VGA (Video Graphics Accelerator) adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.

13. FDD (floppy disk drive)
FDD (Floppy Disk Drive) adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk membaca disk dan memindahkan membaca dan menulis yang menghasilkan disk.

14. Joystick
Joystick adalah alat input yang digunakan untuk memasukkan perintah untuk memindahkan permainan di komputer.

15. Printer
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak data sebagai gambar / foto, ditulis di atas kertas.

16. CD-ROM / DVD-ROM
CD-ROM / DVD-ROM adalah alat yang digunakan untuk membaca data atau data program untuk media CD atau DVD penyimpanan.

17. Scanner
Scanner adalah perangkat input yang memiliki fungsi hampir seperti mesin fotokopi. Dengan menggunakan salinan data objek kemudian ditransfer ke memori komputer yang hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.

18. Modem
Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer di Internet.

19. Flashdisk
Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan kapasitas ukuran ternetntu. Ada 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, hingga 32 GB kapasitas penyimpanan.

20. Speaker
Speaker adalah output komputer (output), yang berfungsi untuk menghilangkan hasil pengobatan dalam bentuk suara komputer.

21. Trackball
Trackball adalah sebuah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk seperti bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.

22. Lightpen
Lightpen adalah alamat pointer optik digunakan untuk mengedit dan membuat gambar dengan layar (monitor).

23. Barcode Reader
Barcode Reader adalah alat yang digunakan untuk membaca data dari kode bar.

24. Digitizer
Digitizer adalah perangkat input yang digunakan untuk mengubah data dari perangkat atau analog menjadi data digital.

25. CD (compact disc)
CD (compact disc) adalah alat yang digunakan sebagai sarana untuk penyimpanan dan pengambilan data menggunakan sistem optik yang terdiri dari bahan plastik.

26. Touchpad
Touchpad adalah perangkat penunjuk yang menampilkan sensor khusus pada permukaan yang dapat mengubah gerakan dan jari-jari pengguna (user) ke posisi yang diinginkan pada layar monitor. Touchpad dapat ditemukan di notebook dan laptop, dan cara kerjanya mirip dengan mouse.

27. WebCam
WebCam adalah sebutan untuk kamera real-time yang gambar dapat diakses atau dilihat melalui WWW (World Wide Web) aplikasi atau program video yang instant messaging menyerukan penggabungan hasil rekaman data dan dibentuk dalam format digital.

28. Mikrofon
Output mikrofon adalah bahan yang dapat menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran listrik. Mikrofon ini memiliki fungsi untuk mengirim suara atau media rekaman suara menjadi terlihat melalui gelombang getaran suara.

29. Tape Magnetic
Pita magnetik adalah salah satu alat yang digunakan untuk penyimpanan data untuk file besar yang diakses dan diproses secara berurutan.

30. Proyektor
Projecetor adalah sebuah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik elektron, dan perangkat layar untuk memproyeksikan gambar atau video pada dinding atau layar.

31. Kartu Jaringan
NIC adalah sebuah perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan antara komputer server ke komputer klien.

32. Kartu tuner  TV
Kartu TV tuner adalah peralatan yang digunakan untuk televisi pada komputer.

33. UPS (Uninterruptible Power Supply)
UPS adalah peralatan komputer yang digunakan untuk menyediakan listrik / perilaku ketika tegangan suplai utama di netral, atau tidak bekerja, dengan kata lain, kita dapat mengatakan bahwa UPS daya cadangan ketika kegagalan tegangan suplai energi primer.

34. Kartu Suara (Sound Card)
Kartu suara adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pengolahan data berarti seperti audio atau perangkat suara yang sponsor menghubungkan input (seperti mikrofon) pada komputer Anda.

35. Heatsink (kipas / fan)
Heatsink adalah perangkat keras yang berfungsi untuk membantu proses pendinginan processor untuk membuat komputer lebih stabil.

36. Headphone
Komputer yang berfungsi sebagai belanja iklan untuk komputer gelombang suara disistem.

37. Kabel data
Kabel data merupakan hardware tambahan pada komputer yang digunakan untuk mengirimkan atau menerima data dari komputer ke ponsel.

38. Card Reader
Card reader komputer bekerja perbaikan untuk membaca kartu memori dan kartu memori untuk ponsel seperti SD, Mini SD, kartu RS, Card dan lainnya MSD (Memory Stick Duo).

39. Router
Router perangkat keras jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan dengan akses jaringan yang sama atau berbeda.

40. Hub / Swicth
Hardware komputer memiliki banyak port yang bertujuan untuk menghubungkan beberapa node (komputer) untuk membentuk topologi jaringan.

Itulah Pengertian Serta Jenis-jenis perangkat keras komputer, mudah-mudahan artikel ini dapat membantu anda dan jangan lupa baca juga artikel penting lainya seperti Cara Setting Bios Komputer dan juga Cara Cek Kecepatan RAM Komputer. Semoga bermanfaat...
Pengertian Perangkat Keras Komputer (Hardware) dan Fungisnya | Ferdian Dinata | 5

0 komentar:

Posting Komentar