Pengertian Jaringan Komputer dan Contohnya Menurut Para Ahli

Definisi Jaringan Komputer Secara Umum dan Manfaatnya ~ Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer ?. JARINGAN KOMPUTER adalah sebuah sistem jaringan yang terdiri dari kumpulan beberapa komputer yang didesain untuk dapat saling berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan dapat saling berbagi  akses informasi.
pengertian jaringan komputer

Lalu apa tujuan jaringan komputer itu sendiri ?. TUJUAN JARINGAN KOMPUTER adalah untuk dapat memberikan kemudahan dalam mengakses segala sumber informasi baik secara Local maupun global. Dalam jaringan komputer ada yang dinamakan sebagai Server dan Client.

Apa itu Client ? dan Apa itu Server ?. Client adalah komputer yang meminta / menerima layanan. Sedangkan Server adalah komputer yang memberikan / mengirimkan layanan kepada komputer client. Desain jaringan antara client dengan server  disebut JARINGAN CLENT SERVER. Sedangankan JARINGAN PEAR TO PEAR adalah jaringan yang menghubungkan 2 buah komputer client.

Alat yang digunakan untuk membuat jaringan komputer yang lebih luas jangkauannya seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Sejarah Jaringan Komputer Secara Singkat


Sejarah jaringan komputer berawal dari sebuah konsep JARKOM pada tahun 1940-an di Amerika dikerjakan oleh proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard, saat itu dipimpin oleh profesor Howard Aiken.

Pada tahun 1950-an ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu atau yang lebih dikenal TSS (Time Sharing System). Maka untuk awal mula terbentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. 

Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik yang di sebut dengan ARPANET.

Pada tahun 1970 mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing), yang sudah dapat menghubungkan lebih dari 11 komputer yang berhasil dihubungkan untuk saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Pada tahun 1972, seorang ilmuan yang bernama Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program surat elektonik (email) yang di buat untuk ARPANET. Dan ikon at (@) secara resmi diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”.

Pada Tahun 1973, Komputer University College di London. Dua orang ahli komputer Vinton Cerf dan Bob Kahn membuat gagasan yang besar tentang International Network (Internet). Internet dipresentasikan pertama kalinya di Universitas Sussex

Pada tahun 1979 Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network).

Pada tahun 1981, France Telecom menciptakan telepon televisi di mana orang bisa saling komunikasi via telepon dan juga berhubungan dengan video link.

Sejarah singk komputer, tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol (TCP) / Internet Protocol (IP).

Tahun 1984 diperkenalkan Domain Name System (DNS ).

Tahun 1987 jumlah komputer dapat yang tersambung jaringan mencapai 10000 lebih.

Pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen memperkenalkan Internet Relay Chat (IRC).

Pertengahan tahun 1990 Tim Berners Lee merancang sebuah program penyunting dan penjelajah yang disebut Waring Wera Wanua atau World Wide Web (www).

Tahun 1992 muncul istilah surfing (menjelajah) dan sejuta lebih komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

Tahun 1994 situs - situs di internet berkembang menjadi 3000 alamat / URL, pada tahun ini juga muncul program Yahoo! dan Netscape Navigator 1.0.

Klasifikasi Jaringan Komputer 

Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Geografisnya

  • Jaringan LAN (Local Area Network) / wilayah lokal.
  • Jaringan MAN (Metropolitan Area Network) / wilayah kota.
  • Jaringan WAN (Wide Area Network) / wilayah negara.
  • Jaringan Internet (Interconnected - Networking)/ seluruh dunia.

Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

  • Jaringan Klien-server (Client - server) 
  • Jaringan Ujung ke ujung (Peer - to - peer)

Klasifikasi Jaringan Komputer Bedasarkan Topologinya

  • Topologi Bus
  • Topolgi Ring / Cincin
  • Topolgi Star / Bintang
  • Topologi Mesh / Jala
  • Topologi Tree / Pohon
  • Topologi Linier (Topologi Runtut)
  • Topologi hybrid
  • Topologi Peer to Peer
  • Topologi Hirarki

Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Data atau Informasinya

  • Jaringan terpusat, jaringan yang terdiri dari komputer klien dan komputer server
  • Jaringan terdistribusi, Kumpulan beberapa jaringan komputer secara terpusat sehingga membentuk sistem jaringan tertentu.

Klasifikasi Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi Data

  • Jaringan berkabel (Wired Network) menghubungkan komputer menggunakan kabel jaringan.
  • Jaringan nirkabel (Wi-Fi) menghubungkan komputer menggunakan gelombang elektromagnetik

Demikian penjelasan tentang jaringan komputer, mudah-mudahan dapat membantu dan jangan lupa baca juga artikel penting lainya seperti Membuat Partisi Baru di Windows 7 Tanpa Menghapus Data dan juga Cara Cek Kecepatan RAM Komputer. Semoga bermanfaat...

Pengertian Jaringan Komputer dan Contohnya Menurut Para Ahli | Ferdian Dinata | 5

0 komentar:

Posting Komentar