17 Kebiasaan Baik Untuk Otak Dan Kebiasaan Buruk Otak Yang Kita Tahu

Seperti yang kita ketahui, otak adalah organ tubuh yang sangat vital. Otak merupakan pusat pengendali sistem syaraf pusat. Tahukah anda? Otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar syaraf yang masing-masing terkait dengan 10 ribu syaraf lain. 

Kebutuhan Otak Manusia


kebiasaan untuk otak
Otak mengatur dan mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh, seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Kita bisa membayangkan jika otak kita setiap tahun atau bahkan mungkin setiap harinya mengalami penurunan fungsi. Berbahaya, bukan? Nah, agar hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi, maka kita harus melakukan beberapa kebiasaan yang dapat menjaga otak agar dapat berfungsi secara optimal. 

Kebiasaan Baik Untuk Otak Kiri dan Otak Kanan


1. Makan secara teratur dan seimbang. Teratur berarti tidak berubah – ubah waktunya. Misalnya untuk orang Indonesia yang memiliki kebiasaan makan 3 kali sehari, maka berkonsistenlah. 

Ini dapat menjaga fungsi otak termasuk menjaga kinerja metabolisme tubuh kita. Sedangkan seimbang, dalam arti makanan yang kita makan dalam satu harinya harus memenuhi unsur 4 sehat 5 sempurna. Makanan baik untuk otak anda.

Makanan yang dapat meningkatkan daya ingat otak menjadi cerdas

  • Sayur - sayuran 
  • Ikan laut, 
  • Telur, 
  • Kekacang, 
  • Buah - buahan, Coklat

2. Konsumsi Ikan yang banyak mengandung Omega 3

3. Olahraga. Misalnya dengan lari pagi minimal 2 kali dalam seminggu.

4. Lakukan kerja fisik ringan karena dapat merangsang otak bekerja normal. Misalnya dengan mengambil benda – benda kebutuhan kita sendiri dengan cara berjalan, bukan dengan menyuruh orang lain atau bawahan.

5. Istirahat yang cukup.
6. Jaga kepala dari benturan.

7. Bila ada waktu belajar bahasa asing minimal 2 bahasa. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif Otak. Misalnya dengan menghafal beberapa kata benda dalam bahasa asing tiap harinya.

8. Bermain game yang dapat merangsang otak kita, seperti Puzzle, Catur, atau Scrabble.

Itu tadi adalah beberapa kebiasaan yang baik dilakukan untuk manfaat bagi otak kita. Nah, di bawah ini adalah kebiasaan yang harus dihindari karena dapat menurunkan fungsi otak bahkan secara cepat atau lambat dapat berakibat fatal.

Kebiasaan Baik Untuk Otak Kanan dan Otak Kiri


1. Tidak sarapan
Tidak mengkonsumsi makanan di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah sehingga menyebabkan kurangnya nutrisi pada otak dan otak akan mengalami kemunduran fungsi secara bertahap.

2. Makan berlebihan
Terlalu banyak makan terutama makanan yang banyak mengandung glukosa ( kadar gula ) menyebabkan pembuluh darah mengeras dan menghambat penyerapan protein serta gizi lainnya dalam otak.

3. Memakan makanan siap saji. Makanan siap saji mengandung gizi yang sangat tidak seimbang bagi tubuh kita.

4. Merokok
Merokok menyebabkan menyusutnya volume otak dan akhirnya otak kita akan kehilangan fungsi – fungsinya, perkembangannyapun jelas akan terganggu.

5. Polusi udara.
Hindarilah polusi udara. Misalnya saat berpergian, kita menggunakan helm, jaket, dan masker.
Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat fungsi kerja otak menurun.

6. Kurang tidur
Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Begadang, lembur kerja, stress dan lain – lain akan membuat sel-sel otak mati karena kelelahan.

7. Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit
Bekerja atau belajar ketika kondisi tubuh sedang sakit itu akibatnya hampir sama dengan kurang tidur. Pada saat sakit otak juga ikut lelah. Makanya harus banyak istirahat dan konsumsi makanan seimbang.

8. Kurangnya stimulasi otak
Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir justru membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal. Dengan memecahkan masalah, berhitung, membaca, atau menulis termasuk kegiatan dengan unsur berpikir yang dapat menstimulasi otak.

9. Jarang bicara
Percakapan intelektual membawa efek bagus pada kerja otak. Jadi, bukan percakapan sembarangan, ya? 

17 Kebiasaan Baik Untuk Otak Dan Kebiasaan Buruk Otak Yang Kita Tahu | Ferdian Dinata | 5

0 komentar:

Posting Komentar